13 Sep 2017

Jawaban Nyelekit dari Ketua KPK,Ke Komisi III

                         Ilustrasi gambar (TPK 13/09/2017

Tabloid Tipikor - Jakarta - Tanggapan Ketua KPK Agus Rahardjo terhadap pertanyaan Anggota Komisi III DPR John Kenedy Azis sedikit menggelitik. Yakni soal mengapa banyak pegawai di KPK yang tidak berlatar belakang hukum. Termasuk komisionernya.

"Sulit menjawab kalau bapak tadi menyampaikan kami tidak berlatar belakang hukum. Kalau komisioner tanggung jawab kan di bapak semua. Kenapa pilih saya yang tidak berlatar belakang hukum," sindirnya seraya tertawa kecil saat rapat dengan komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9).

Diketahui, Agus adalah orang pertama yang menjabat Ketua KPK tanpa latar belakang pendidikan formal hukum dan pengalaman di lembaga penegakan hukum. Dia lulusan insinyur teknik sipil, dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya yang menjadi pendiri sekaligus Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak tahun 2010.

Pegawai di KPK pun tidak semuanya berlatar belakang hukum. Juga terhadap penyelidik maupun penyidik. Tak melulu harus berlatar belakang hukum, karena kasus yang ditangani KPK pun beragam.

Misalnya kasus korupsi di sektor migas. Di sana perlu orang yang paham mengenai praktik kerja di ladang basah itu.
"(Latar belakang) hukum sangat penting tapi pengetahuan subtasnsi juga penting. Variasi kita sebar," jelas Agus.

Diketahui, John Kenedy Azis heran mengapa KPK yang domain kerjanya hukum, ternyata sedikit sekali orang yang berlatar hukum di lembaga antirasuah itilu.

"Saya sendiri 20 tahun sebagai advokat dan 28 tahun sekolah hukum tapi rasanya masih kurang pengalaman di bidang hukum. Tapi yang ada sekarang di KPK yang pengambil keputusan kurang pengalaman di bidang hukum," sebut dia saat RDP Komisi III DPR dengan KPK. ( Asep/Ipul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkait Pungli,Camat Pagedangan Di Berhentikan Sementara

Sekretaris Daerah (Sekda) Maesyal Rasyid saat memberikan keterangan kepada awak media terkait kasus Pungli yang dilakukan Camat Pagedangan...